Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Pangdam Kasuari Bersama United Traktors Serahkan Bantuan Mesin Pengubah Air Asin Jadi Air Bersih

Bens Indonesia, Raja Ampat – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen. TNI. Haryanto, S.Ip., M.Tr.(Han)., bekerja sama dengan United Traktors, menyerahkan bantuan berupa mesin pengubah air asin menjadi air bersih kepada masyarakat pesisir di Wisata Piaynemo, Kampung Pam, Distrik Waigeo Barat. 

Penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari program kemanusiaan untuk meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat di wilayah pesisir Papua Barat Daya yang sering menghadapi masalah keterbatasan air bersih, pada Jumat (2/8/2024).

Dalam acara penyerahan ini, Pangdam XVIII/Kasuari mengungkapkan pentingnya akses air bersih bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. 

"Kami berharap mesin ini dapat membantu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di wilayah pesisir yang selama ini sedikit kesulitan mendapatkan air bersih. Kami sangat bangga dapat berpartisipasi dalam program ini. Mesin pengubah air asin menjadi air bersih yang kami sumbangkan diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat," ujarnya.

Frans Kesuma (Presiden Direktur United Traktor) dalam kesempatan ini menuturkan, bahwa United Traktor perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan alat berat dan mesin, menyatakan komitmennya untuk terus mendukung program-program kemanusiaan di Indonesia.

“Air bersih merupakan kebutuhan dasar kita sebagai manusia, oleh karena itu perusahaan kami turut berperan aktif di seluruh Indonesia dimana kami beroperasi, selain bantuan ini kami juga memberikan bantuan kesehatan dan alat sekolah”.

“Bantuan ini dapat berjalan dengan baik,karena adanya kerjasama Pemerintah dan masyarakat, kami pun juga berharap semoga program ini dapat berkesinambungan,” katanya.

Diketahui, mesin pengubah air asin menjadi air bersih yang diserahkan ini menggunakan teknologi reverse osmosis, yang mampu mengubah air laut menjadi air layak minum dengan efisiensi tinggi. Mesin ini juga dirancang agar mudah dioperasikan dan dirawat oleh masyarakat setempat.

Sementara itu, Dr. Yusuf Salim, M.Si., selaku Pj. Sekda Raja Ampat mewakili masyarakat menyampaikan terima kasihnya dan menyambut baik bantuan ini.

"Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini, bisa memajukan tempat wisata di Kabupaten Raja Ampat ini, mungkin selain air bersih saya sampaikan disini, masalah kami di sini adalah sampah yang ada di laut. Terkait dengan bantuan yang sudah diserahkan ini, untuk itu saya mengajak masyarakat, kita jaga dan pelihara bantuan yang telah diberikan agar kita sebagai masyarakat bisa terus merasakan manfaat dari program air bersih ini,” ungkapnya.

Penyerahan bantuan ini juga dihadiri oleh para pejabat Kodam XVIII/Kasuari, perwakilan dari United Traktor, Pemerintah Daerah, tokoh masyarakat. Acara diakhiri dengan demonstrasi cara penggunaan mesin pengubah air asin menjadi air bersih, yang diikuti dengan antusias oleh masyarakat setempat. [Pendam XVIII/Ksr]

Posting Komentar

0 Komentar