Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Bupati Hadiri Senam Bersama dan Gerakan Cegah Stunting

Bens Indonesia, Rejang Lebong - Bupati Rejang Lebong (RL), Drs. H Syamsul Effendi, MM., didampingi Ketua TP PKK RL, Hartini Syamsul, dan ratusan Warga Kecamatan Bermani Ulu (BU), Jum'at (2/8) pagi melakukan kegiatan senam bersama dihalaman Kantor Camat BU Desa Kampung Melayu. 

Tak hanya itu, Bupati RL juga mengikuti kegiatan  'Gerakan Cegah Stunting' yang diwarnai dengan pemberian layanan kesehatan gratis yang didukung oleh tim medis dan para medis Puskesmas Kampung Melayu.

"Upaya pencegahan bahaya stunting ini harus dilakukan secara dini. Ibu hamil harus mendapat asupan gizi yang baik. Selanjutnya, rutin memeriksakan kehamilan di Puskesmas atau bidan desa. Tujuannya agar kesehatan ibu dan perkembangan janin yang dikandungnya bisa tumbuh normal. Kondisi ini tentunya memerlukan dukungan suami siaga,’’  ujar Bupati saat memberikan sambutan.

Dilanjutkan Bupati, dengan perlakuan tersebut, maka kelahiran bayi bisa tepat waktu dan dalam kondisi sehat. Selain itu, untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya, bayi harus diberikan ASI hingga usia 2 tahun atau lebih. Ditambah asupan gizi seimbang dan beragam.

‘’Untuk itu, suami perlu bekerja keras untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi dan ibunya. Bayi yang mendapat asupan gizi bagus akan tumbuh sehat dan cerdas,’’ ujar bupati.

Disisi lain, Bupati juga berpesan kepada Masyarakat, Kader PKK, Perangkat Desa dan para Kader Posyandu agar proaktif dalam menghimpun informasi keberadaan anak - anak yang berpotensi stunting di wilayahnya masing - masing.

"Jika menemukan anak berpotensi stunting segera laporkan. Sehingga anak itu bisa diberikan penanganan yang baik. Sehingga program percepatan penurunan stunting di Rejang Lebong dapat diwujudkan dengan baik," tegas Bupati.

Pantauan di lokasi, kegiatan Gerakan Cegah Stunting ini juga diwarnai aksi minum pil tambah darah serentak yang dilakukan oleh 10 pelajar putri SMPN 17 Kampung Melayu. Setelah itu dilanjutkan dengan pelaksanaan kuis. Para peserta senam diberikan pertanyaan seputar bahaya dan cara pencegahan stunting. Bagi warga yang bisa menjawab tepat diberikan bingkisan menarik.

Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kadis Kesehatan, Dhendi Novianto Saputra, SKM., dan Camat, Drs. Hantoni, M.Si., Senam dibawah matahari pagi itu juga diikuti segenap ASN Dinkes dan Puskesmas Kampung Melayu. Termasuk para Kades dan Kader Posyandu, Pengurus dan Anggota PKK, serta Pelajar dan Mahasiswa IAIN yang melakukan KKN di wilayah Kampung Melayu juga Polsek dan KUA Bermani Ulu. [Ifan/adv]

Posting Komentar

0 Komentar