Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Disdik Muratara Berikan Bimtek Peningkatan Kapasitas Operator Dapodik Jenjang PAUD

Bens Indonesia, Muratara - Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas Utara melalui Bidang PAUD menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Operator Dapodik Jenjang PAUD. 

Mengundang sebanyak 160an Operator Dapodik untuk jenjang PAUD se-Kabupaten Musi Rawas Utara, karena penggunaan sistem Dapodik untuk jenjang PAUD mulai diperbaharui agar menggunakan Aplikasi RKAS untuk tahun 2024.

"Selama ini PAUD sudah menggunakan Dapodik. Tapi di tahun ini mulai diberlakukan juga Aplikasi RKAS untuk tahun 2024. Di dalam aplikasi itu terdapat data guru, data satuan Pendidikan, data siswa, peserta didik, data tenaga pendidik, sarana dan prasarana," tutur Kepala Dinas Pendidikan Muratara, Zazili, S.Sos., melalui Kabid PAUD, Lindawati. 

Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Operator Dapodik untuk jenjang PAUD ini menghadirkan Pemateri dari Kemendikbud ristek, M Farhan, serta dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Bupati, Suhardiman. 

Menurut Farhan, permasalahan yang sering muncul adalah data dapodik yang tidak update. 

"Historical Dapodik tercatat dari waktu-waktu, sehingga sangat mudah diketahui kalau data Dapodik tidak di update. Karena sempat kejadian, sewaktu UNICEF mau menggunakan data Dapodik, ternyata ketika di cek historical, data tinggi badan dan berat badan anak dari TK sampai SMA tidak ada perubahan. Sehingga bisa dipastikan datanya tidak di update," sampai M Farhan, Kamis (7/3/2024). 

Posting Komentar

0 Komentar