Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Nama Anggota PPS yang Lolos Sudah Bocor Via WhatsApp Sebelum Pengumuman KPU

Bens Indonesia, Muratara - Pasca tes tertulis dan wawancara Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Musi Rawas Utara digelar, Nama-nama Anggota PPS yang lolos justru bocor pada H-2 sebelum pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas Utara. 

Salah satunya nama-nama Anggota PPS Desa Noman yang lolos yaitu: Penus Trymulyono, Fahmilan Jadidi, dan Fitri Sasmita. Nama-nama Anggota PPS yang dinyatakan lolos ini sudah sempat bocor sejak Sabtu (21/1/2023) melalui pesan-pesan WhatsApp. 

Padahal, pengumuman resmi KPU Musi Rawas Utara baru diterbitkan pada 22 Januari 2023, dengan nomor: 14/PP.04.1-PU/1613/2023, tentang Penetapan Hasil Seleksi Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Untuk Pemilihan Umum Tahun 2024. Dan pengumuman tersebut baru disebarluaskan melalui akun Facebook KPU Musi Rawas Utara pada hari Senin (23/1/2023). 

Kondisi ini semakin membuat publik bertanya-tanya, bagaimana mungkin nama-nama Calon Anggota PPS yang dinyatakan lolos 3 besar telah bocor sebelum KPU resmi mengeluarkan pengumuman. 

"Awalnya, kami hanya menganggap itu hanya isu, kalau yang dinyatakan lolos 3 besar adalah Penus Trymulyono, Fahmilan Jadidi, dan Fitri Sasmita. Karena KPU belum menyampaikan pengumuman resminya. Bahkan saat nama-nama itu menyebar di grup-grup WhatsApp, saya langsung bertanya ke Komisioner KPU terkait nama-nama tersebut," tutur Tabrani, salah seorang warga Desa Noman. 

Sambungnya, bahkan saat dikonfirmasi, Ketua KPU Muratara, Agus Mariyanto, justru menjawab "Kami belum pleno," jawab Ketua KPU melalui pesan WhatsApp pada hari Sabtu (21/1/2023) pukul 14.40 wib. 

Hal senada juga disampaikan Handoko, selaku Komisioner KPU Muratara yang menyebutkan "Belum pleno ndo," jawab Handoko via WhatsApp, Sabtu (21/1/2023) pukul 14.19 wib. 

Berbeda dengan keterangan Agus Mariyanto dan Handoko, Heriyanto selaku Komisioner KPU Muratara justru mempertanyakan dari mana informasi nama-nama Calon Anggota PPS yang lolos itu didapat. "Dari siapo ko ndo. Bukan tu ndo, kami bae blm dapat hasil dari PPK," jelas Heriyanto via WhatsApp pada Sabtu (21/1/2023) pukul 13.58 wib. 

Hal ini kian menjadi pertanyaan, ketika salah seorang Calon Anggota PPS yang namanya sempat menyebar di grup-grup WhatsApp, sudah mendatangi salah seorang warga yang diduga bakal disiapkan untuk menjadi staf PPS dari unsur ASN. 

"Kabarnya, salah satu Calon Anggota PPS sudah menemui salah seorang warga Desa Noman dari unsur ASN untuk dijadikan staf PPS. Padahal pada hari itu, KPU belum mengeluarkan pengumuman resmi nama-nama calon Anggota PPS yang lolos 3 besar," lanjut Tabrani. 

Hari ini Senin (23/1/2023), sambung Tabrani, KPU telah resmi mengeluarkan pengumuman nama-nama Anggota PPS Desa Noman yang dinyatakan lolos. 

"Terbukti kan, nama-nama Anggota PPS yang dinyatakan lolos oleh KPU Muratara, sama persis dengan nama-nama yang sudah sempat bocor di pesan WhatsApp dua hari sebelumnya," tandas Tabrani. [BN1]

Posting Komentar

0 Komentar