Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Lapas Surulangun Rawas Gelar Pelatihan Kerja Bersertifikat Kepada WBP

Bens Indonesia, Muratara - Lembaga Pemasyarakatan Kelas lll Surulangun Rawas Kecamatan Rawas ulu, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Provinsi Sumatra Selatan, menggelar kegiatan pelatihan kerja mandiri bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (16/3) bertempat di Aula Lapas Kelas lll Surulangun Rawas.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Lapas Kelas lll Surulangun, Indra Yudha, Kepala UPTD Kota Lubuklinggau, Totok, Ka.Bapas Kelas llA Muratara, Kepala Disnakertrans Kota Lubuklinggau, Tamri, Disnakertrans Muratara, Camat Rawas Ulu diwakili Kasi Pelayanan, Muslim,Lurah Pasar Surulangun, Trisna Alamsah, Danramil Rawas Ulu diwakili Mayor. Nasution, dan para peserta latihan kerja warga binaan.

Acara pembukaan kegiatan pelatihan kemandirian dibuka langsung oleh Kepala Lapas Kelas lll Surulangun Rawas, Indra Yudha. 

Pada pembukaan ia menyampaikan sambutan, bahwa warga binaan berjumlah sebanyak tiga ratus tiga orang dengan kapasitas seratus sepuluh artinya sudah over kapasitas.

Berkaitan dengan pembinaan Kementerian yang harus dilaksanakan warga binaan, jadi fungsi lapas adalah melaksanakan pemberian pembinaan sesuai kepribadian maupun keterampilan.

"Kami telah melaksanakan pembinaan kemandirian ditahun 2021. Kita melaksanakan pelatihan mengelas diikuti sebanyak 20 orang hanya satu paket. Untuk tahun 2022 ini, kita besarkan menjadi dua paket kegiatan pelatihan kerja berupa instalasi listrik dan satu lagi paket audio," sampainya.

Kegiatan pelatihan kerja diikuti sebanyak 40 orang terdiri dari dua kegiatan instalasi listrik sebanyak 20 orang dan elektro audio sebanyak 20 orang.

Kegiatan pelatihan kemandirian ini, bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan Kota Lubuklinggau yang bersertifikat.

"Jadi, kalau mereka melaksanakan kegiatan yang baik serta berjalan dengan baik, insyaallah diberikan sertifikat. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat belas hari," paparnya.

Selanjutnya Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Lubuklinggau, Tamri, menyampaikan semoga pelatihan ini bisa bermanfaat bagi warga binaan.

"Semoga ini dapat menjadi bekal bagi mereka setelah kembali dan berkumpul bersama keluarga mereka. Dengan skill yang mereka miliki, ketika kembali dilingkungan keluarga dan masyarakat, tidak kesulitan mencari pekerjaan ataupun mereka dapat membuka usaha secara mandiri," tutupnya. [rls]

Posting Komentar

0 Komentar